Selasa, 03 Maret 2020

Belajar Nahwu dengan metode BASYAHID


Jika mungkin Amtsilati adalah metode yang kita kenal populer di kalangan pelajar bersarung di Indonesia, maka katakanlah itu salah satu dari sekian banyak metode atau sistem pengajaran yang dipakai untuk santri pemula yang ingin bisa nahwu untuk selanjutnya dapat membaca serta memahami literatur kitab-kitab berbahasa Arab yang menjadi materi-materi pokok pelajaran ala pesantren di Indonesia.
Di dalam artikel ini saya ingin membahas satu metode lainnya yang menurut saya tak kalah unik, tak kalah menarik tapi menang tua hehe.. - meski kalah populer dari metode yang saya sebutkan sebelumnya pada skala nasional – untuk dipakai dalam pembelajaran nahwu bagi santri pemula, metode ini banyak dipakai di pesantren, madrasah hingga majlis-majlis nahwu di rumah guru-guru di martapura, khususnya bagi tempat belajar yang menginduk ke PP.Darussalam Martapura, pondok pesantren terbesar di Martapura. Apa metode itu ? Yupz metode itu ialah BASYAHID yang sependek pengetahuan penulis adalah produk dari kepiawaian sang mujaddid PP Darussalam sekaligus pimpinan periode ketiga asy-syeikh Muhammad Kasyful Anwar bin Haji Ismail al banjari serta keuletan beliau dalam membina santri-santrinya
Terkait penamaan metode ini dengan Basyahid, sepertinya bukan nama resmi yang dicatut oleh sang mujaddid [ pondok ] atas karya barokahnya, hanya saja nama itu menjadi populer di kalangan santri kemungkinan besar karena mengambil dari kata syahid yang biasanya dalam kitab-kitab klasik dipakaikan untuk mengungkapkan suatu pernyataan sebagai penguat atau pendukung dalil yang di ambil dari kalam ulama, guru pengajar biasanya menuliskan table di papan tulis sebagai latihan dari materi yang baru diajarkan dengan kata Syahid mengisi kolom atas pertama di dalam table tersebut, dalam konteks ini kata Syahid lebih diperluas maknanya yaitu untuk susunan kalimat yang digunakan untuk materi latihan.
Mirip dengan mengi’rob, Basyahid juga membahas satu persatu kedudukan kalimat dalam kalam arab malah mungkin lebih detail karena setiap kalimat dibahas jenis kalimatnya apakah itu isim, fi’il atau harf ?, tandanya, hukum i’rob, mahallnya jika itu mabni, amil, tanda i’robnya, serta alasan mengapa kalimat tersebut bertanda i’rob tertentu. Kedudukan jumlah pun juga tak luput dari pembahasan, karena itu bisa kita katakan metode Basyahid ini membahas lengkap kalimat arabiyyah baik secara ifrad maupun tarkib dengan menggunakan jadwal atau table.
PP. Darussalam sebagai pondok terbesar seKal-Sel yang sekarang sudah berumur satu abad lebih dan telah melahirkan banyak ulama-ulama, bukan hanya di tanah Banjar tetapi sampai ke luar pulau seperti: jawa dan sumatra, sampai sekarang masih menerapkan metode Basyahid pada jejang pendidikan awwaliyyah dari kelas satu sampai empat, hal ini kita rasa cukup menjadi bukti akan kepantasan metode ini untuk terus dipertahankan bahkan dikembangkan guna melestarikan khazanah kekayaan intelektual ulama daerah banjar secara khusus dan Indonesia secara umum.
Berikut adalah contoh table Syahid untuk jumlah fi’liyyah dan ismiyyah seperti:
قَامَ زَيْدٌ الرَّجُلُ  dan وًالِدَاهُ ذَاهِبَانِ
الشاهد
كلمة
علامة
حكم
محل
ليش
عامل
علامة
ليش
قام
فعل
قبول التاء
مبني
-
-
-
م ع ف
فعل ماض
زيد
اسم
تنوين
رفع
-
فاعل
قام
ض ظ
اسم مفرد
الرجل
اسم
ال
رفع
-
مبتدأ
ابتداء
ض ظ
اسم مفرد
والداه
اسم
إضافة
رفع
-
مبتدأ ثاني
ابتداء
ألف
اسم تثنية
ه
اسم
إسناد
مبني
خفض
مضاف إليه
مضاف
م ع ض
ضمير بارز متصل
ذاهبان
اسم
نون
رفع
-
خبر مبتدأ ثاني
مبتدأ
ألف
اسم تثنية
الجملة من المبتدأ الثاني وخبره في محل رفع خبر المبتدأ الأول

Itulah tulisan singkat tentang metode Basyahid yang populer di tanah Banjar khususnya di kota Martapura tempat berdirinya PP. Darussalam Martapura, jika ingin mengetahui lebih detail tentang metode ini, pembaca bisa menelaahnya di beberapa buku nahwu karangan beberapa ulama Banjar yang memakai metode ini diantaranya: kitab Is’afu at-Thalibiin karya tuan guru KH. Muhammad Syukri Unus, Dzakhiratu al-Anwaar karya KH. Ahmad Ruyani. Yang ingin menambahkan silahkan tulis di kolom komentar, Semoga bermanfaat. By Sibawaihi Saifullah, Rabu, 03032020
قاموس الرمز في الجدول
المراد
الرمز
مبني على الفتح
م ع ف
مبني على الضم
م ع ض
ضمة ظاهرة
ض ظ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar